Olah Raga Sepak Takraw

Olah Raga Sepak Takraw, mungkin belum banyak yang mengenalnnya. Olah raga yang dimainkan secara berkelompok, menggunakan bola berbentuk anyaman rotan. Jenis olah raga ini termasuk kelompok olah raga bola besar.

Sepak Takraw

Baca juga artikel lain di : http://www.itechlaw-india.com/

Permaian takraw berasal dari Malaysia dan Thailand. Sebegai negara yang pertama kali memeperkenalkan permainnan ini akhirnya disetujui menggunkan nama sepak yang berasal dari bahasa melayu, berarti tendang. Takraw memiliki arti bola yang dianyam dalam bahasa Thailand.

Pada masa lalu olah raga ini dikenal dengan sepak raga. Pada zaman kesultanaan melayu, olah raga ini merupakan permainan rakyat. Mulai dikenal pada abad 15 atau sekitar tahun 634 M. Lalu tuterus berkembang hingga ke Indonesia.

Masyarakat Sulawesi dan Sumatera telah mengenal permainan ini terlebih dahulu sebagai sebuah permaian rakyat. Secara resmi Sepak Takraw diperkenalkan pada tahun 1970-an, oleh Malaysia dan Singapura.

Peraturan pada olah raga takraw adalah, mempertahankan bola agar bisa melayang diudara. Tim yang tidak bisa menahan bola atau bola jatuh menyentuh tanah didaerahnya, maka akan menjadi tim yang kalah.

Membuat bola melayang diudara tidak boleh menggunakan tangan. Hanya diperbolehkan menggunakanonggot tubuh lainnya. Kaki menjadi alat yang banyak digunkan pada permainnan ini, gerakknannya seperti gerakkan menedang.

Ada beberapa tehnik mendang/ sepak  dalam Sepak Takraw

  • Sepak kuda

Sepak kuda memiliki nama lain sepak kura. Tehnik mendang bola dengan menggunakkan punggung kaki. Pemain bertumpu pada satu kaki yang sedikit di tekuk. Kaki yang lain dingkat lurus kearah depan setinggi pinggang.

Menendang bola dengan punggung kaki. saat metendangan posisi kaki diluruskan, lalu ditendang dengan punggung kaki yang lurus, di lanjutkan gerakkan mendorong bola kearah depan. Lalu bola ditendang dengan kencang. Tehnik ini digunakan untuk menahan bola yang datang, dalam posisi rendah, tetapi kencang.

  • Sepak Sila

Tehnik ini berguna untuk menahan, mengumpan dan menangkis bola yang datang. Pemain berdiri pada satu kaki, kaki yang lain diangkat setinggi pinggang, lalu dibengkokkan sedikit kearah samping.

Dalam posisi seperti bersila, bola yang datang akan ditendang menggunakan kaki bagian dalam. Saat menendang tungkai bergerak dari bawah ke atas, lalu bola ditendang dengan keras. Pemain harus fokus melihat bola agar tendangan maksimal.

Apa Saja Yang Anda Ketahui Dari Permainan Sepak Takraw?

  • Sepak simpuh

Gerakan lain dalam Sepak Takraw adalah sepak simpuh atau  disebut juga sepak badek. Pemain berdiri pada satu kaki sedangkan kaki yang lainnya menendang bola dengan keras, menggunakan kaki bagian samping luar.

Gerakan menendang ini digunakan untuk menahan bola yang diberikan lawan, melalui gerakkan menyamping. Biasanya digunakan dalam mengontrol serangan, bukan untuk gerakkan mengoper bola.

  • Menapak

Pada tehnik ini posisi kaki yang digunakan menendang bola lurus kedepan badan, posisi telapak kaki kearah bola. Bola ditendang dengan telapak kaki, sementara kaki yang lainnya digunakan sebagai tempat bertumpu.

Tendangan ini digunakan untuk melalukan smash pada permaian Sepak Takraw. Bisa juga digunakan untuk memblok  smashan lawan, maupun utuk menyelamatkan bola yang berada di dekat net agar tidak jatuh ketanah.

Selain Gerakan kaki ada juga Gerakan yang mengunakan kepala. Biasanya digunakan untuk menerima bola dari pihak lawan lalu mengoperkan kembali atau mengembalikan bola kepada lawan.

Ada juga gerakan dada, yaitu menahan bola yang datang menggunakan dada, lalu mendangnya kembali. Bisa juga menahan bola menggunakan bahu dan paha. Semua gerakkan itu tentu saja membutuhkan latihan khusus. Siapun bisa memainkan Sepak Takraw asalkan mau berlatih. Anda berminat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *